Rabu, 21 April 2021

Semangat Meraih Pramuka Garuda di Tengah Pandemi

Tidak ada batasan bagi Pramuka dalam meraih impiannya. Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar mengadakan Uji Pramuka Garuda pada tahun 2020 ini. Hampir semua gugusdepan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengahr mengikuti pengujian Pramuka Garuda tersebut. Pramuka Garuda adalah capaian tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Tidak hanya itu, Pramuka Garuda juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi orang-orang di sekitarnya, sehingga untuk menjadi Pramuka Garuda tidak mudah apabila tanpa persiapan.

Tina Ayumi Emilia (14) atau akrab dipanggil Tina adalah salah satu Pramuka Penggalang dari Gugusdepan 09.1158-59 Pangkalan SMP Negeri 1 Kerjo. Tina merasa sangat senang dan bangga dapat mengikuti uji Pramuka Garuda ini mengingat Pramuka Garuda adalah tingkat tertinggi dalam setiap golongan Pramuka.

Uji Pramuka Garuda Penggalang ini dilaksanakan di Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar. Tina termotivasi mengikuti uji Pramuka Garuda ini berkat dukungan dari kakak kelasnya dulu dan pembina. Persiapan yang dilakukan Tina hanya berjalan seminggu saja. Menurutnya, tes yang paling sulit adalah dia harus membuat 6 hasta karya. Meskipun dalam kondisi yang serba terbatas saat ini semangat Tina tidak padam.

“Saya berharap adik kelas saya yang saat ini kelak dapat mengikuti dapat mengikuti jejak kita (kelas 8) untuk meraih Pramuka Garuda,”  dengan kegiatan seperti ini justru dapat menambah ilmu, pengalaman baru, dan nasihat juga dari para pengujinya.

“Semoga semakin banyak Pramuka Garuda dari sekolah saya dan ilmu yang saya dapat hingga saat ini dapat bermanfaat bagi diri saya dan orang lain,” ungkap Tina.

Ternyata masih banyak Pramuka Penggalang dari Gudep lain yang tidak kalah semangatnya untuk meraih Pramuka Garuda. Pramuka Garuda itu tidak hanya menuntut untuk menjadi teladan di lingkungan sekitarnya, tetapi juga menuntunnya untuk menjadi lebih baik dan bisa bermanfaat bagi sekitarnya.

Tina sangat bersemangat ketika dilakukan pengecekan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) dan SKU (Syarat Kecakapan Umum), karena saat sesi tersebut dia bisa menceritakan pengalamannya dalam meraih TKK maupun TKUnya dan juga mendapatkan tambahan wawasan dari Kakak Penguji yang sudah berpengalaman.

“Jangan mudah menyerah dalam meraih Pramuka Garuda. Jangan dilihat dari sebesar apa penghargaannya, tetapi dampak apa yang kita berikan setelah meraihnya.”

 

Admin SMPN 1 Kerjo

Author & Editor

Membaca adalah jendela dunia. Tetapi tidak hanya itu, membaca juga adalah sebuah kunci yang dapat membuka pintu-pintu rahasia ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan