Senin, 12 April 2021

Mari Kita Kenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19

Banyak orang bilang pepatah mengatakan mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati berlaku untuk semua orang agar menghindari paparan Virus Corona atau lebih trennya disebut Covid-19. Disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan selalu mengingat - ingat pesan yakni gerakan 5M menjadi upaya pencegahan penyebaran virus. Pilihan paling mujarab adalah disiplin protokol 5M: 

1. Memakai Masker

Anda diharapkan untuk memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada.

2. Mencuci Tangan

Anda mesti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

3. Menjaga Jarak

Jika ada keperluan mendesak yang membuat Anda harus pergi ke luar rumah, ingatlah untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar Anda.

4. Menjauhi Kerumunan

Anda juga diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering Anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama.

Mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci utama untuk bisa memutus rantai penularan Covid-19. meskipun kini sudah ada vaksin melawan Virus Corona, Gerakan 5M COVID-19 tetap harus dilaksanakan, sekalipun vaksin virus corona sudah mulai diedarkan. kita jangan lengah, Mari kita membiasakan diri dengan protokol kesehatan, dan tidak asal-asalan.

 

Admin SMPN 1 Kerjo

Author & Editor

Membaca adalah jendela dunia. Tetapi tidak hanya itu, membaca juga adalah sebuah kunci yang dapat membuka pintu-pintu rahasia ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan